Cari/Search

Perlengkapan

Perlengkapan wajib untuk berlatih di Esaka Muso Jikiden Eishin-ryu Iaido Dojo Jakarta:

1. Gi
Jaket Gi terbuat dari bahan katun atau tetron atau polyester yang biasa dipakai untuk latihan iaido / kendo berwarna hitam atau putih. Dalam berlatih iaido, biasanya lebih cenderung menggunakan yang berbahan tetron atau polyester bahan lainnya yang tidak mudah lecek sehingga nampak lebih anggun.


2. Hakama

Celana lebar terbuat dari bahan katun atau tetron yang biasa dipakai untuk latihan iaido / kendo. Dalam berlatih iaido, biasanya lebih cenderung menggunakan yang berbahan bukan katun sehingga tidak mudah lecek dan nampak anggun.


3. Obi
Sabuk panjang yang terbuat dari bahan katun (yang memang diproduksi untuk latihan iaido / iaijutsu) atau dari bahan sutra (disebut 'kaku obi' yang biasa dipakai sebagai obi kimono) untuk dililitkan di pinggang sebagai tempat menyelipkan sarung iaito / katana. Obi untuk latihan Iaido jauh lebih panjang daripada obi yang biasa dipakai dalam latihan budo yang lain seperti Karate, Judo, dan lain-lain.


4. Iaito
Pedang katana imitasi yang tidak tajam, terbuat dari bahan aluminium zinc alloy, yang memang diproduksi dan dijual untuk digunakan dalam latihan iaido / iaijutsu / kenjutsu.
Harap diingat bahwa:
  • tidak semua pedang katana imitasi dapat digunakan untuk berlatih. Ada beberapa tipe katana imitasi yang diproduksi dan dijual hanya untuk dijadikan pajangan. Sangatlah berbahaya untuk menggunakan pedang katana pajangan ini dalam latihan karena bilah pedangnya dapat terlepas sewaktu latihan dan melukai diri sendiri atau orang lain.
  • pedang katana yang tajam / shinken DILARANG untuk digunakan dalam latihan kecuali setelah memperoleh ijin sensei yang berwenang.
  • konsultasikan kehendak anda untuk membeli iaito dengan sensei sebelum melakukan pembelian iaito untuk menghindari kesalahan dalam membeli iaito.